MENCARI IDE BISNIS
Sering kali beda antara orang sukses dan orang gagal bukan terletak pada kemampuan-kemampuan atau ide-ide yang lebih baik , tapi keberanian yang dimiliki untuk mempertaruhkan idenya, dan untuk resiko di perhitungkan,dan untuk bertindak.
_____Maxwell Maltz
Sebuah ide dalam bisnis itu sangat penting,terutama dalam bisnis rumahan.Namun,kadang-kadang ide untuk memulai suatu bisnis juga menjadi sebuah kendala.kita senantiasa di hadapkan pertanyaan "mau bisnis apa kita? Punya ide apa untuk mulai berbisnis? Tapi sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mempunyai suatu ide bisnis,jika Anda mau memikirkannya dan kemudian dan kemudian mengimplementasikannya dalam kenyataan.
      Ide-ide bisnis bisa kita dapatkan dari mana seperti pengalaman,pengamatan atau teman kita berbincang entah di jalan,pasar,mall,bis,kereta api bahkan kita sedang mandi.Didalam  buku The Origins of Entrepreneurship di sebutkan berdasarkan survai bahwa:
● 43% pengusaha mendapatkan ide dari penggalaman kerja di industri yang sama karena udah tahu operasional usaha dan udah punya jaringan usahanya.
● 15% pengusaha mendapatkan ide dari melihat orang lain yang sudah punya usaha.
● 11% pengusaha timbul ide untuk memulai usaha pada saat melihat  peluang pasar yang tidak atau belum terpenuhi.
● 7% pengusaha muncul ide karena telah meneliti secara sistematik  kesempatan berbisnis.
● 3% pengusaha memulai bisnis berasal dari ide yang muncul dari hobi atau tertarik akan kegemaran tertentu.

    Setelah Anda menyimak hasil survei di atas Anda bisa mulai untuk memunculkan ide bisnis anda.Anda tidak perlu malu untuk menduplikasi atau meniru bisnis orang lain, seandainya hal itu yang ingin  anda lakukan.Meniru bisnis orang lain adalah sah-sah saja.Yang penting  bagi anda, dalam meniru bisnis itu bisa memberikan suatu nilai  tambah (added value) dalam bisnis anda , menambahkan sesuatu yang unik dan lebih menarik, agar mampu bersaing merebut pasar yang audah terbentuk sebelumnya.

Comments